Wednesday, April 3, 2013

Apakah LDII Sesat Dan LDII Menurut MUI ?

Apakah LDII Sesat Dan LDII Menurut MUI ? – Saya beberapa kali di tanya tentang masalah LDII SEsat dan Bagaimanakah Tanggapan MUI terhadap LDII. Dan beredar berita di internet bahwa ldii itu sesat dan mui mendesak pemerintah supaya ldii dibubarkan. Akhirnya, saya mencoba mendapat jawaban dari Ketua LDII Surabaya, Bapak Amin tentang kebenaran bahwa MUI mendesak pemerintah supaya ldii di bubarkan. Selain itu saya juga mencari referensi yang valid tentang ciri ciri aliran sesat di indonesia.



Apakah LDII Sesat Dan LDII Menurut MUI



Aliran sesat itu ada sepuluh kriteria, yaitu:



  • Mengingkari salahsatu rukun iman dan rukun Islam.



  • Mengikuti akidah yang tidak sesuai dengan dalil syar’i.



  • Meyakini turunnya wahyu setelah Al-quran.



  • Mengingkari kebenaran Al-quran.



  • Melakukan penafsiran Al-quran yang tidak berdasarkan kaidah-kaidah tafsir.



  • Mengingkari kedudukan hadis nabi sebagai sumber ajaran Islam.



  • Menghina, melecehkan atau merendahkan para nabi dan rasul.



  • Mengingkari Nabi Muhammad sebagai nabi dan rasul terakhir.



  • Mengubah, menambah atau mengurangi pokok-pokok ibadah yang telah ditetapkan oleh syar’i.



  • Mengkafirkan sesame muslim tanpa dalil syar’i.


Organisasi kemasyarakatan berbasis keagamaan ini masjidnya dikelolanya terbuka untuk umum, tidak mengkafirkan atau menajiskan seseorang, LDII juga juga mau diimami orang lain, dengan mengikuti ijtima’ ulama untuk melaksanakan taswiyah almanhaj dan tansiq alharoqoh sebagaimana hasil Rakernas LDII 2007.


LDII menerapkan metode berfikir dalam mentolerir adanya perbedaan, sepanjang masih dalam koridor faham keagamaan ahlussunnah waljamaah  dalam pengertian yang luas. Serta penyamaan metode gerakan dalam mensinkronisasi, mengoordinasi dan mensinergikan gerakan umat Islam di bawah payung MUI.


Dengan adanya sepuluh kriteria aliran sesat yang dikeluarkan oleh MUI, kini orang tidak boleh lagi sembarangan menyebut sesat terhadap organisasi Islam termasuk LDII. Karena LDII itu tidak sesat. Justu sebaliknya, LDII mengajak kepada umat untuk mempelajari dan mengamalkan ajaran Islam berdasarkan Al-quran dan Hadis, sebagaimana ormas Islam pada umumnya. Karena LDII yakin dengan ilmu dan amalan berdasarkan Alquran dan Hadis, serta diniati karena Allah SWT, maka termasuk sebagai ahli syurga.Dengan memahami dan mempelajari 10 kriteria tsb di atas, maka LDII tidak termasuk di dalamnya dan ldii tidak sesat.



Apakah LDII Sesat Dan LDII Menurut MUI ?

0 comments:

Post a Comment